Kepariwisataan

Nama : Dedy Indrawan Oka Mahendra P

NIM : 100010356

Kelas: T091


Senin, 24 Oktober 2011

Pantai Dreamland


Pantai Dreamland berada di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, yang terletak di bagian selatan Pulau Bali. Pantai dapat dicapai sekitar 40 menit dari kota Denpasar. Pantai yang masih asri dan alami ini terletak di ujung selatan kabupaten Badung . Anda akan menjumpai gapura/gerbang untuk menuju pantai ini dalam perjalanan menuju  Pura Uluwatu.
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pantai ini menggunakan nama Dreamland? Padahal biasanya pantai lainnya yang ada di Bali menggunakan nama lokal.
Ternyata ada asal-usulnya. Konon, pantai ini dinamakan Dreamland karena di wilayah Pecatu sempat akan dibangun salah satu kawasan pusat wisata terbesar dan terunik di Asia Tenggara. Selain itu, di sana juga akan dibangun resort mewah yang dipadukan dengan kawasan wisata yang menonjolkan keindahan dan keaslian alam serta pelestarian lingkungan hidup. Sebelumnya daerah ini hanyalah bukit kapur yang tandus dan gersang.
Pada saat krisis moneter tahun 1998, mega proyek ini terbengkalai. Namun, karena besarnya harapan penduduk setempat agar proyek ini dapat terealisasi, dengan harapan mereka bisa memiliki peluang untuk beralih ke bisnis pariwisata, maka mereka menamakan tempat ini sebagai tanah impian yang dalam bahasa Inggris disebut dreamland.
Sewaktu Anda memasuki kawasan wisata Pantai Dreamland, mata Anda akan terpesona dengan keindahan pantai ini. Daerah yang berbukit dan bertebing akan membuat Anda penasaran mengenai keberadaan pantai ini. Dreamland merupakan pantai yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi serta batu karang yang berukuran besar.
Sewaktu Anda menuruni bebatuan dan anak tangga menuju pantai ini, Anda akan terpukau dengan pemandangan tebing batu yang di atasnya terdapat padang rumput yang hijau yang cukup tinggi. Banyak wisatawan asing maupun lokal yang senang menikmati di daerah padang rumput itu.
Pantai Dreamland juga sangat memikat mata. Anda akan terpikat oleh deburan ombak besar dan hamparan pasir coklat keputihan yang bersih dengan celah karang yang terjal. Dari tempat ini dapat menikmati keindahan matahari tenggelam atau sunset di area pantai sempit yang tepat berada di bawah dinding karang yang curam.
Besarnya ombak di pantai ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang gemar olahraga surfing. Oleh karena itu, banyak peselancar senang berselancar di pantai ini. Dreamland juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata surfing di Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar